Jumat, 10 November 2017

Kampus Konservasi Tempatku Meraih Mimpi


          Pada awalnya aku belum tahu ingin berkuliah dimana dan mengambil jurusan apa. Kelas 10, kelas 11 yang terlintas dalam pikiran hanya kebimbangan semata. Tiba saatnya kelas 12 yang setiap hari harus berurusan dengan materi dan soal-soal Ujian Nasional. Aku mencoba mencari jati diri saya untuk memikiran matang-matang tentang jurusan apa yang ingin saya ambil setelah lulus SMA. Hingga akhirnya aku memutuskan untuk memperdalam mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang kebetulan masuk dalam salah satu mata pelajaran Ujian Nasional. Setiap hari aku selalu mempelajari apa saja yang berhubungan dengan mata pelajaran tersebut, namun pada saat pengumuman hasil UNBK nilai mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesiaku kurang memuaskan. Pada akhirnya pendaftaran SNMPTN mulai dibuka dan Alhamdulillah aku termasuk salah satu siswa yang dapat mendaftar SNMPTN. Dari sana kebimbanganku benar-benar diuji, dan aku memantapkan diri untuk mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang. Setiap hari aku selalu berdo'a agar dapat diterima di Unnes lewat jalur SNMPTN, karena jika ikut jalur SBMPTN aku tidak yakin dengan kemampuanku. Sebelum pengumuman SNMPTN, ada informasi bahwa siswa yang mendaftar harus melakukan registrasi ulang. Teman-temanku yang mendaftar SNMPTN tidak ada yang tahu sedangkan batas registrasi sudah ditutup. Seketika aku langsung patah semangat untuk berkuliah. Aku menangis seraya berdo'a, "Apakah ini belum rezekiku? Ya Allah semoga aku masih tetap terdaftar dan semoga pada saat hari pengumuman aku bisa lolos SNMPTN" itu do'a yang selalu aku panjatkan setelah shalat. Disamping itu aku juga selalu meminta do'a restu kepada kedua orang tuaku, karena tanpa do'a mereka aku tidak akan jadi apa-apa. Pada awalnya bapakku tidak mengizinkanku untuk kuliah jauh-jauh, tetapi aku selalu meyakinkan bapak bahwa aku akan kuliah dengan sungguh-sungguh dan akan jaga diri baik-baik.
          Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Pengumunan SNMPTN diumumkan pada hari Rabu, 26 April 2017 pukul 14:00 WIB. Waktu itu pukul 14:00 masih lama aku memutuskan untuk tidur dulu, tidak tahu mengapa aku terbangun tepat pukul 14:00 padahal aku tidak mengaktifkan alarm. Pukul 14:05 aku memutuskan untuk membuka pengumuman SNMPTN. Dengan mengucap Basmalah, Alhamdulillah aku lolos SNMPTN prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang. Syukur Alhamdulillah aku sangat berterima kasih kepada Allah yang telah mengabulkan do'a-do'aku. Aku memilih pendidikan karena cita-citaku ingin menjadi seorang guru. Mengapa aku memilih prodi Bahasa dan Sastra Indonesia? Karena menurutku kita lahir di Indonesia dan kita juga harus ikut melestarikan bahasa Indonesia walaupun aku tahu bahasa Indonesia sering dipandang sebelah mata dan sering sekali diremehkan, namun aku tetap bersyukur kepada Allah karena bagaimanapun juga itu adalah pilihanku dan aku harus menjalaninya dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab. Setelah pengumuman, aku memberitahukan kepada bapak dan ibu bahwa aku diterima di Unnes tanpa jalur tes dan orang tuaku sangat senang aku bisa masuk di perguruan tinggi negeri. Sebenarnya aku belum tahu Unnes terletak dimana, saat pertama kali menginjakkan kaki di Unnes aku diantar kakakku dengan ditemani tetanggaku yang kuliah di Semarang. Aku dan kakakku ngelaju Jepara-Semarang selama 3 jam dengan mengendarai sepeda motor. Pengalaman yang kedua aku dan kakakku berangkat sendiri ke Semarang sambil menghafal jalan. Saat itu kegiatannya adalah tes kesehatan, aku berangkat dari Jepara pukul 05:00 subuh dan sampai Semarang sekitar pukul 08:00 pagi. Ditengah perjalanan kami ketilang polisi karena salah jalur, rasanya badanku bergetar semua karena ini merupakan pengalaman pertama yang terjadi di kota orang. Pengalaman tersebut tidak akan aku lupakan dan akan aku jadikan suatu pelajaran.
          Setelah melakukan serangkaian kegiatan mulai dari pembekalan, tes kesehatan hingga verifikasi registrasi. Tiba saatnya mengikuti kegiatan PPAK, baik PPAK Universitas maupun PPAK Fakultas. Aku mengikuti serangkaian kegiatan tersebut dengan suka cita karena aku mendapat teman baru dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tanggal 28 Agustus 2017 tepatnya hari Senin aku masuk  kuliah perdana, memulai semuanya dibangku perkuliahan yang kenyataannya sudah terlepas dari predikat siswa SMA. Aku merasakan perbedaan 180 derajat saat duduk dibangku SMA dan kini beralih dibangku perkuliahan. Saat ini aku masih semester satu, harapanku semoga aku bisa meningkatkan nilaiku disetiap semesternya dan bisa lulus tepat waktu. Aku akan selalu ingat perjuanganku dan akan selalu bersyukur kepada Allah karena aku termasuk orang yang beruntung yang telah mengalahkan ribuan orang yang ingin masuk ke Unnes. Orang tua adalah tujuan utamaku, karena aku berada disini untuk mereka dan semoga setelah lulus aku bisa membanggakan mereka. Amin.
Kata-kata yang selalu ada dibenak dan dipikiranku adalah "Berangkat untuk orang tua. Pulang membanggakan orang tua. Karena orang tua tujuan utama".
Itulah sedikit cerita tentang pengalamanku sebelum masuk Unnes Kampus Konservasi tempatku meraih mimpi.

1 komentar:

  1. The best no deposit bonuses, sign up bonuses and free spins | Dr.MCD
    The best no deposit 과천 출장마사지 bonuses, sign 경상북도 출장마사지 up bonuses and free 양주 출장샵 spins. Best no deposit bonuses, sign 속초 출장마사지 up bonuses and free spins. 강릉 출장마사지

    BalasHapus