Sabtu, 04 November 2017

Bahasa dan Sastra Indonesia

Bagaimana sih jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia itu?
Menyenangkankah? Apa justru Membosankan?

Disini saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya yang kebetulan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Mengapa saya mengambil jurusan ini? Karena Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang saya sukai sejak SD. Pasti kalian semua Nilai UN nya yang paling bagus mata pelajaran Bahasa Indonesia mulai dari SD sampai SMA. Iyaa kan? Tetapi saya tidak terpacu pada nilai atau yang lainnya kok, saya mengambil jurusan itu karena sudah menjadi pilihan dan cita-cita saya yang ingin menjadi guru Bahasa Indonesia.
Mungkin pengalaman saya masih sedikit, karena sekarang saya masih semester 1 dan belum mempunyai banyak pengalaman yang harus diceritakan. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia itu menyenangkan, kita diajari mulai dari mengenal alat ucap yang digunakan untuk mengeluarkan bunyi hingga cara membunyikan bunyi tersebut dengan benar. Itu membuat kita semakin bersyukur bahwa Tuhan menciptakan alat ucap tanpa sia-sia. Kita juga diajarkan untuk mengenal para sastrawan dari masa ke masa. Sastra tidak tercipta begitu saja, sastra ada yang menciptakannya. Kita disini mempelajari tentang sastrawan beserta karya-karyanya yang luar biasa. Kita juga dikenalkan dengan bentuk cerita-cerita tradisional yang berkembang di masyarakat. Menyenangkan bukan? Kita belajar sambil bercerita. Mungkin masih banyak lagi kesan-kesan yang ada di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Untuk saat ini saya hanya sedikit memberi gambaran jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sering dipandang sebelah mata namun kenyataannya berbahasa itu tidak mudah, maka dari itu kita disini belajar tentang Bahasa Indonesia.

1 komentar: